16 Agustus 2007

The Jester's Life



Kartu Joker dalam setumpuk kartu seringkali dirupakan dalam gambar badut atau jester ( tepatnya court jester) yang merupakan panggilan lain untuk badut di zaman pertengahan.

Profesi badut sebenarnya cukup tua. Konon, sejak zaman Yunani kuno dan Romawi kuno, sudah ada manusia penghibur yang memoles wajahnya dengan bedak tebal dan berpakaian aneh, serta fasih memperagakan mimik-mimik lucu.

Mereka tak hanya membuat tertawa orang-orang kaya yang stres lewat pertunjukan. Tapi juga menghibur dan mencari nafkah di jalan-jalan atau yang dikenal dengan istilah ngamen. Dengan kemampuan berpantomim dengan gerakan-gerakan slapstik yang konyol, boleh jadi merekalah salah satu penjaja hiburan jalanan tertua di dunia.

Tapi badut juga manusia, bisa saja ada wajah yang kelelahan dibalik senyum berbedak tebal mereka. Memaksa diri untuk tersenyum demi menghidupi diri dan keluarga mereka. Anak-anak orang lain terhibur oleh badut di pusat perbelanjaan, sementara anak-anak si badut menunggu di rumah. Badut mereka adalah ayahnya sendiri, yang di rumah hanya berkaos oblong, tanpa sulap, tanpa atraksi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

badut itu lucu, tapi juga menyeramkan..