24 Januari 2012

Kembang Api : A Brief History


Kembang api adalah bahan peledak berdaya ledak rendah / piroteknik, yang digunakan umumnya untuk estetika dan hiburan. Sejarah kembang api berawal dari Cina pada masa abad ke 2 pada masa pemerintahan Dinasti Han, sebelum bubuk mesiu ditemukan, dan digunakan untuk perayaan adat masyarakat dengan tujuan menakut-nakuti roh jahat. Meskipun asal kembang api dari Cina, tetapi banyak ahli percaya bahwa India dan Arab-lah yg mengembangkan teknologi kembang api. Kembang api sendiri baru masuk ke Eropa sekitar abad ke-13, dan membuat takjub masyarakat Eropa pada waktu itu.

Kembang api menghasilkan empat efek primer: suara, cahaya, asap, dan bahan terbang (contohnya confetti). Kembang api dirancang agar dapat meletus sedemikian rupa dan menghasilkan cahaya yang berwarna-warni seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, dan perak. Pertunjukan kembang api umum di seluruh dunia dan merupakan titik pertemuan banyak pesta kultural dan religius.

Saat ini kembang api marak digunakan pada berbagai macam acara perayaan dan festival seperti Tahun Baru Imlek dan Festival Bulan pada pertengahan musim gugur. Cina adalah penghasil dan pengekspor kembang api terbesar di dunia.

source : wiki & other
olfix for the storyteller

Tidak ada komentar: